Konsep Pemrograman Berbasis Object atau OOP (Object-Oriented
Programming)
Merupakan suatu tekhnik yang digunakan untuk membuat suatu
program berdasarkan Objek. Objek disini bisa diartikan sebagai suatu component
yang saling terkait, untuk lebih mudahnya saya akan berikan contohnya objek
adalah meja, bangku, papan tulis dan computer. Objek-
objek tersebut saling terkait untuk membentuk suatu kelas lab praktikum, tapi
dari sudut pandang lainnya Lab Praktikum pun bisa jadi objek bersamaan dengan
kelas- kelas lainnya yang akan membentuk suatu gedung sekolah, Jadi tergantung
dari sudut pandang mana nih kita melihatnya, Okeii? Lanjuuut ....
Sementara jika kita melihat sudut pandang bahwa objek dari Ruangan Kelas
adalah Bangku, Meja, Papan Tulis dan Komputer maka peran Ruang
Kelas disini adalah sebagai Class dalam Pemrograman Berorientasi
Objek. yuu' kita ihat gambar berikut nii ...
Nah lebih mudah memahaminya kan, Kita lanjut yaa ...
Dalam suatu objek ada atribut, dimana Atribut adalah suatu hal yang berkaitan atau berhubungan dengan karakteristik dari sebuah objek.
Contoh mudah atribut mejanya dari kayu atau dari besi atau bentuknya yang beraneka ragam.
Sedangkan Method dari Ruangan Kelas yang berperan sebagai class adalah fungsi dari ruangan tersebut yang digunakan sebagai Sarana belajar para mahasiswa.
Untuk Konsep OOP sampai disini dulu yaa...
Next kita lanjut lagi...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar